Alonso gelandang Bayern Munchen mencetak gol tunggalnya pada pertandingan melawan Darmstadt di ajang kompetisi DFB Pokal dan membawa klubnya lolos kebabak perempatfinal DFB Pokal.

Pada pertandingan antara Bayern Munchen vs Darmstadt yang diadakan di Allianz Arena, berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah Munchen pada Rabu, 16 Desember 2015 dinihari. Gol kemenangan Munchen sendiri di cetak oleh pemain asal Spanyol Xabi Alonso sebelum babak pertama berakhir di menit ke-40.

Pada pertandingan tersebut Bayern Munchen sebagai tuan rumah mampu mendominasi jalannya pertandingan menurut kerja bola lihat dari data statistik pertandingan. Dalam hal penguasaan bola Munchen mampu mendapatkan 61 persen, Sedangkan Darmstadt dalam hal penguasaan bola hanya mampu mendapatkan 39 persen saja. Dalam hal melepaskan tembakan tuan rumah juga lebih unggul di bandingkan dengan Darmstadt dengan melepaskan 16 tembakan dan enam yang mengarah ke gawang. Sedangkan Darmstadt hanya mampu melepaskan 4 tembakan dan satu yang mengarah ke gawang.

Pada babak pertama di mulainya pertandingan, Bayern Munchen langsung tampil menyerang namun mendapatkan kesulitan dalam menembus pertahanan Darmstadt.

Pada menit ke-7, Munchen mendapatkan peluang namun tendangan Kingsley Coman yang mendapatkan umpan dari Alonso belum bisa di maksimalkan dengan baik.

Xabi Alonso Menjadi Pahlawan Pada Pertandingan Melawan Darmstadt

Alonso akhirnya mampu menembus pertahanan lawan pada menit ke-40 dengan mencetak gol yang berawal dari tendangan pojok dan kemudian di buang keluar oleh pemain Darmstadt, namun Alonso mampu mengambil bola tersebut dan menendangnya tanpa bisa di hadang oleh penjaga gawang Mathenia. Skor berubah menjadi 1-0 sampai dengan babak pertama berakhir untuk keunggulan Bayern Munchen.

Pada babak kedua, Munchen yang telah unggul satu gol langsung tampil menyerang, dan mampu menciptakan peluang, namun peluang yang di dapatkan Thomas Mueller di awal babak kedua belum mampu menghasilkan gol untuk menggandakan keunggulan.

Pada menit ke-80 Mueller dijatuhkan didalam kotak penalti, namun wasit yang melihat hal tersebut tidak melihat adanya pelanggaran dan akhirnya wasit meneruskan pertandingan. Sampai dengan akhir pertandingan skor tidak berubah 1-0 untuk kemenangan tuan rumah Bayern Munchen.

Dari hasil pertandingan tersebut Bayern Munchen berhak lolos ke perempafinal DFB Pokal. Xabi Alonso menjadi pahlawan pada pertandingan tersebut dengan mencetak gol tunggal di menit ke-40.