Andrea Pirlo tidak banyak berbicara, namun ketika ia membuka mulutnya itu sebuah kutipan yang layak didengarkan.

Andrea Pirlo, pemain gelandang yang dinilai Marcello Lippo sebagai ” Pemimpin diam yang berbicara dengan kakinya.” Dalam hal tersebut Andrea Pirlo sering dijuluki seorang penyair dari lapangan sepak bola. Pirlo bermain dalam master gaya dan penuh irama.

Pemain tersebut dinilai dapat lakukan apapun dengan bolanya namun ia menjalankan permainanya karena ia paham betul terhadap permainan yang ia jalani. Pirlo merupakan seorang pemikir besar dalam dunia sepak bola.

Andrea Pirlo sadar ia mendapat julukan tersebut. hal tersebut juga ada dalam otobiografinya dimana ia mencetuskan “Saya berpikir, oleh karena itulah, Saya bermain.” merupakan hal sulit untuk memikirkan pesepak bola lain yang bisa membuat sebuah kutipan bermakna luas dan tanpa ada provokasi ataupun ejekan terhadap pihak lain.

Dalam kutipannya Pirlo selalu berbeda dengan kutipan orang lain, dimana jarang berada pada era modern. Pirlo digambarkan sebagai pemain gelandang yang benar tidak bergantung pada kekuasaan ataupun kecepatan dalam mendominasi permainan pada lapangan bermain, Pirlo selalu melihat permainan dengan cara berbeda dan mainkan permainan yang berbeda juga, itulah sebabnya Pirlo banyak disebut legenda.

Semua ini menjadi masuk akal mengapa Pirlo dijuluki Pemimpin Diam karena jarang berbicara. Banyak pecinta sepak bola yang duduk diam dan menunggu kutipan dari Pirlo. Juga banyak pemain hebat yang tertinggal dengan terpesona oleh kejeniusannya dalam mengutarakan kata-kata. Saat Pirlo ditawarkan perpisahan untuk karirnya di Eropa dan bergabung dengan New York City FC disini adalah pilihan dan kutipan terbaik dari Pirlo dari Kerja Bola untuk pembaca:

“Saya berpikir kenapa sedikit Gipsi berkeliaran di lapangan, Semua ini hanya dalam beberapa meter persegi dan saya menjadi diri sendiri dalam sebuah ruang maya dimana terus memeluk keyakinan saya. Mengambil bola, memberikan operan kerekan setim saya, lalu rekan saya mencetak Goal. Ini disebut membantu dan saya menyebarkan kebahagiaan.” ucap Pirlo dalam kutipan mengejar kebahagiaan.

Andrea Pirlo juga memiliki hobi tentunya “Setelah roda, Playstation adalah penemuan terbaik sepanjang masa. Pirlo memiliki hobi lain tentunya selain sepak bola.