Barca di sepuluh tahun terakhirnya telah melakukan pergantian presiden sebanyak tiga kali dan pergantian pelatih sebanyak lima kali serta puluhan trofi juara yang telah didapatkan yang menjadikannya dekade terbaiknya saat ini.

Awal mulanya sejak Mei 2006, dimana Barcelona mampu mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1 di final Champions League yang di adakan di Stade de France. Dengan kemenangan tersebut, mereka mendapatkan trofi Champions League untuk kedua kali. Sebelumnya mereka pernah menjadi juara Champions League untuk pertama kalinya pada musim 1991/1992. Dalam 14 tahun tersebut mereka mampu mendapatkan trofi Champions League untuk kedua kali. Namun Barca mampu mendapatkan trofi Champions League untuk yang ketiga, dan keempat serta kelima hanya dalam sembilan tahun saja.

Awal Barcelona mulai mendominasi sepakbola Spanyol bahkan juga dunia yaitu ketika mereka mampu menjadi juara Champions League di musim 2005/2006. Sejak itu dan sampai dengan minggu kemarin Barcelona berhasil menjadi juara di Piala Dunia Antarklub dan mereka telah mendapatkan 26 trofi juara.

Lionel Messi Merupakan Sosok Penting Barca Dalam 10 Tahun Terakhir

Barca yang mendapatkan 26 trofi juara sampai dengan sekarang ini jika dijabarkan diantaranya yaitu empat kali menjadi juara Champions League, tiga kali menjadi juara Piala Dunia Antarklub, tiga kali juara Piala Super eropa, tujuh kali juara La Liga Spanyol, enam kali juara Piala Super Spanyol dan tiga kali juara Copa del Rey. Jika dihitung rata-rata dari tiap musim, Barca mampu mendapatkan 2,6 trofi juara di tiap musimnya.

Dari total trofi juara yang di dapat Barca tersebut, tercatat mereka mampu mendapatkan dua kali treble Winners pada tahun 2009 dan juga 2015 menurut kerja bola.

Dalam kurum waktu tersebut Barca mengalami pergantian tiga kali jabatan presiden klub diantara Juan laporta dan Sandro Rosell serta Josep Maria Bartomeu. Selain pergantian presiden klub mereka juga mengalami pergantian lima pelatih diantaranya Frank Rijkaard, Josep pep Guardiola, Tito Vilanova, Gerardo martino dan juga Luis Enrique yang masih menjabat sampai sekarang.

Dari sejumlah trofi dan beberapa pergantian presiden klub maupun pelatih di klub tersebut, ada satu hal yang sampai dengan saat ini berlum berubah yaitu Lionel Messi dan juga Andres Iniesta.

Lionel Messi merupakan pemain penting di balik kesuksesan Barcelona dalam sepuluh tahun terakhir ini. Tercatat Messi telah mencetak 23 gol dari 27 pertandingan final di berbagai kompetisi.