Barcelona berhasil meraih hasil positif pada leg pertama perempatfinal Copa del Rey, mereka mengalahkan Athletic Bilbao dengan kedudukan 2-1. Pertandingan itu diadakan di San Mames pada hari Kamis (21/01), Barca menurunkan kerja bola tim utamanya wakau kehilangan beberapa pemain seperti Luis Suarez absen lantaran masih menjalankan hukuman, sedangkan Jordi Alba masih mengalami cedera hamstring.

Lionel Messi tidak dimainkan karena sang pelatih Luis Enrique tidak mau mengambil resiko, Messi menderita cedera ringan saat akhir pekan lalu walau saat ini keadaannya sudah membaik. Blaugrana membuka keunggulannya dalam waktu singkat tepatnya menit ke-18 dari gol Munir El Haddadi, berawal dari umpan silang Ivan Rakitic melalui sisi kanan. Lalu Munir berlari menuju kotak penalti dan berhasil menjangkau umpan Rakitic, kemudian striker muda 20 tahun tersebut berhasil membobol gawang Bilbao. Kedudukan menjadi 1-0 buat tim tamu, tidak lama kemudian mereka menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 saat menit ke-25 melalui Neymar Jr.

Neymar berhasil menjangkau bola dari Sergio Roberto melalui sisi kiri, lalu sang penjaga gawang Herrerin terlanjur keluar dari sarangnya untuk menhalau pemain bintang itu. Namun si penjaga gawang telah gagal menghentikan dia, tak lama kemudian Neymar langsung membawa umpan ke hadapan gawang kosong dengan muda membobol jala itu. Bilbau baru bisa memperkecil ketertinggalannya pada waktu normal tersisa 1 menit, Aritz Aduriz menjebol gawang Barcelona usai menuntaskan bola Mikel San Jose berhasil berbuah.

Barcelona Melangkah Babak Selanjutnya

Barcelona berhasil melangkah ke babak selanjutnya, dari hasil kemenangan ini bakal menjadi modal baik bagi mereka. Pada pertemuan ke-2 dengan Bilbao bakal digelar pada pekan depan, Blaugrana akan menjadi tuan rumahnya.

Luis Enrique akui melawan Athletic sangat menyulitkan di babak ke-2, tim besutannya sempat unggul di babak pertama dan tidak lama setelah itu mereka sukses menggandakan kedudukannya. Walau Barcelona menang, dirinya mengakui kalau perjuangan anak asuhnya tidak mudah, namun Athletic bermain lebih bersemangat pada babak ke-2.

Athletic terus menerus menggempur Blaugrana, perjuangan mereka hanya menciptakan 1 goal melalui Aduriz di menit akhir. Barca tetap membawa pulang kemenangan yang bakal menjadi modal baik untuk menghadapi babak ke-2 pada pekan selanjutnya.