Barcelona saat itu telah menutup tahun 2015 berada pada posisi puncak klasemen sementara La Liga, dengan hasil catatan itu sudah di dapatkan oleh Barca setelah mengalahkan Real Betis dengan skor 4-0 tanpa gol balasan. Dua dari empat gol Barca telah di ciptakan oleh Luis Suarez, 1 gol yang diciptakan oleh Lionel Messi dan 1 gol lainnya di ciptakan akibat gol buntuh diri yang dibuat oleh Heiko Westermann.

Dalam hasil kemenangan ini, Barcelona telah memuncaki klasemen sementara La Liga pada akhir tahun 2015 dengan mengoleksi 38 poin. Torehan poin mereka serupa dengan Atletico Madrid yang menduduki posisi ke-2, tapi mereka unggul selisih gol. Sementara itu Betis berada pada posisi ke-12 klasemen sementara La Liga mereka mengoleksi 20 poin. Bagi mereka ini merupakan kekalahan yang ke-7 mereka pada tahun ini, mereka juga bertanding di Camp Nou yang diadakan pada hari Kamis (31/12/2015) kemarin. Akan tetapi Barca telah tampil dominan, klub asuhan Luis Enrique tersebut sudah mendominasikan penguasaan kerja bola umpan sehinggah 67%.

Barcelona Lebih Unggul Dari Betis

Barcelona melepaskan lebih banyak attempts dari pada Betis yang hanya melepas 16 attempts 7 diantaranya on target serta berbanding 11 attmpts 4 diantaranya on target. Saat babak pertama, tepatnya memasuki menit ke-22. Pemain bintang Barca yaitu Lionel Messi sempat mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebasnya, tapi tendanganya masih menyamping. Kemudian juga dengan sundulannya Neymar dalam beberapa menit setelahnya yang masih bisa di hadang oleh penjaga gawang Betis yaitu Antonio Adan. Selang beberapa menit kemudian tepatnya menit ke-29, Barcelona mendapatkan sebuah penalti.

Tendangan dari titik putih tersebut diberkan setelah menyusul pelanggaran Adan terhadap Lionel Messi, sang kiper yang memiliki maksud ingin mengadang umpan. Lalu mereka saling bertabrakan, selanjutnya Messi sempat diberika perawatan. Tetapi akhirnya masih bisa melanjutkan permainan, Neymar langsung maju menjadi algojonya. Setelah itu Neymar tidak beruntung serta dia gagal melakukan tuganya dengan baik, tendangnanya masih mengenai mistar gawang. Namun umpan rebound hasil tendangan Neymar yang berusaha dihadang oleh bek Betis yaitu Heiko Westermann malah masuk ke dalam gawang Betis sendiri, kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Barcelona.

Memasuki babak kedua, tepatnya saat menjalankan menit ke-46, Barcelona semakin jauh meninggalkan Betis. Berawal dari umpan terobosan yang dibuat oleh Sergio Busquets, gol tercipta usai Suarez menyelesaikannya dengan tendangan kaki kiri. Dalam sisa pertandingan bahkan Barca yang makin terus-teruskan memberikan desakan, lalu mereka menciptakan gol ke-4 mereka yang di buat oleh Suarez. Kedudukan menjadi 4-0 tanpa gol balasan itu bertahan hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit.