Benitez meyakinkan bahwa Real Madrid belum kehilangan peluang untuk mendapatkan juara, mereka makin ketinggalan jauh dari Barcelona setelah takluk kepada Villarreal dengan skor akhir 0-1. Walaupun bergitu, Rafael Benitez masih mempercayai kerja bola klubnya untuk mendapatkan juara pada pertandingan selanjutnya. Real Madrid takluk di El Madrigal melalui gol tunggal yang di peroleh dari Roberto Soldado di awal babak pertama, itu merupakan kekalahan ke-3 yang di alami oleh Los Blancos dalam 5 laga terakhirnya.

Mereka gagal memanfaatkan hasil seri 2-2 yang di dapatkan oleh Barcelona saat melawan Depotivo La Coruna. Saingan sekota Madrid yaitu Atletico Madrid justru sudah masuk di perburuan gelar juara saat mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor akhir 2-1. Kekalah saat melawan Villarreal membuat Los Blancos kehilangan 5 poin dari Atletico dan Barcelona, ke-2 klub tersebut telah menghuni posisi teratas. Akan tetapi keinginan juara Real Madrid tetap hidup.

Benitez Sulit Menjelaskan performa Babak Pertama

Benitez mengatakan kepada Soccer Way bahwa sangat sulit untuk menjelaskan saat mereka menjalani babak pertama, dirinya menginginkan klub seperti di babak ke-2 namun performa di babak pertama. Dia telah berpikir kalau hari ini kami belum kehilangan gelar La Liga, klub-klub yang berada di atas juga akan kehilangan banyak poin seperti kami saat ini. Kami harus melalukan penyelidikan kenapa kami tidak bisa memainkan babak pertama seperti saat memainkan babak ke-2, kadang kejadian ini memang sering terjadi.

Benitez memilik pemain gelandang bertahan yaitu Pepe, saat itu Pepe tidak tau apa yang terjadi pada saat babak pertama, kami tidak bisa menguasai pertandingannya. Untuk bisa berhasil memenagi laga diminta persiapan terlebih dahulu. Pada saat babak ke-2 tidak sama seperti yang sebelumnya, namun kami tidak bisa memperoleh gol. Villarreal harus mendapatkan pujuan serta kami harus mengimbangi keseriusan mereka saat bertanding, kekalahan telah membuat Real Madrid harus tetap menduduki posisi ke-3 papan klasemen dengan mengumpulkan 30 poin serta ketinggalan 5 poin dari Atletico Madrid san Barcelona pada posisi teratas.