Ilkay Gundogan, gelandang Jerman telah umumkan niatnya untuk pergi dari Borussia Dortmund musim panas ini.

Ilkay Gundogan yang telah merancanakan untuk keluar dari Borussia Dortmund selama dua tahun lalu, dan masa kontraknya hanya tersisa 12bulan dari saat ini. Gundogan terlihat lebih pergi dari klub pada akhir tahun 2012-2013 lalu, namun diperkirakan impian untuk mnedekati klub Raksasa Europa semakin jauh dari kenyataan.

Saat akhir tahun Gundogan telah menjadi kapten BVB dan bawa mereka menuju final Liga Champions. Namun perjalanan tidak kenal lelah, terlewati begitu saja dan mencapai tujuan beserta target untuk berbagai klub raksasa Eropa namun hal tersebut tidak sejalan dengan apa kata nasib Gundogan perihal cedera melanda awal musim berikutnya. Lantas dirinya kehilangan sisa masa permainannya. Tidak ada cara lain selain tanda tangan lagi untuk perpanjang kontrak satu tahun semasa dirinya cedera.

Ilkay Gundogan kembali mengalami masalah punggungnya lebih dari setahun kemudian, disaat tersebut ia merupakan tim berbeda dimana ia bermain. Hilang sudah Robert Lewandowski juga Mario Gotze. Gundogan memiliki pandangan terhadap hadiah kemenangan piala Eropa, Dortmund sendiri menjalani mereka bermain dalam degradasi yang tidak terduga.

Tentu saja BvB menyeret diri mereka kembali ke Liga Europa pada akhir musim namun semua itu ada harganya. Jurgen Klopp bahkan merasakan keraguan akan kemampuan dan mengundurkan diri sebagai pelatih. Mundurnya sang pelatih menjadi sebuah pemicu eksodus dengan Mats Hummels, Marco Reus dan Gundogan diharapkan ikut dengannya. namun sejauh ini nampaknya semua masih tinggal di klub.

Ilkay Gundogan awalnya bersikeras ingin pergi dari klub . Dia telah lama menetapkan bahwa ia bermaksud pergi dari klub untuk mencari tim baru pada musim panas ini, bahkan Gundogan telah melakukan pembicaraan tentang akhiri kontraknya dengan pihak pembicara Dortmund.

Pada awal perencanaan Manchester United menetapkan bahwa mereka akan perlu seorang pemain seperti Gundogan, namun disemua kesibukan rumor tersebut kembali pada kenyataan dimana telah mereda jejak ketertarikan klub tersebut akan dirinya.

Old Trafford dinilai menjadi sebuah tujuan cukup logis untuk Gundogan, dimana klub Inggris tersebut akan bermain lagi dalam Liga Champions, dengan struktur pertahanan barisan tengah yang buruk mereka butuh pemain seperti Gundogan, namun Manchester United hanya tertarik dengan pemain yang bisa menjanjikan menjaga kebugaran badannya untuk masa panjang. Van gaal banyak berhubungan dengan pemain asal Jerman lainnya seperti Bastian Schweinsteiger dan Thomas Muller saat dirinya melatih Bayern Munich.

Ilkay Gundogan merupakan seorang pemain yang cukup rumit dimana Bayern Munich juga Bercelona digosipkan memiliki ketertarikan terhadap dirinya juga. hal tersebut membuat dirinya bisa menaikkan tarif dan upah dirinya untuk bermain.