Jara yang dinilai melakukan provokasi, mantan kepala wasit Inggris Keith Hackett menyebut itu tindakan provokasi kepada striker Paris Saint Germain.

Jara yang dinilai akan dikenakan denda biaya karena melakukan provokasi Edinson Cavani menjadi semakin dikritik saat Chili menang atas Uruguay di Copa Amerika pada perempat final, menurut mantan kepala wasit hal tersebut sangatlah fatal.

Tayangan ulang ditelevisi menunjukkan Jara menusukkan jarinya ke bagian vital belakang Cavani diparuh kedua pertandingan, namun Cavani yang telah mendapat kartu kuning langsung bereaksi mendorong wajah Jara, pejabat lapangan tidak melihat aksinya, lantas memberi kartu kuning tambahan sehingga Cavani keluar dari lapangan. Sementara itu Jara lolos dari hukuman.

Laporan di uruguay menyatahakn bahwa ia telah dilarang untuk tampil sisa Copa Amerika, meskipun Conmebol, Federasi Sepak bola Amerika Selatan belum umumkan secara resmi bahwa Jara didakwa atas tindakannya.

Jara dikecam oleh Hackett, mantan kepala wasit professional, ia juga menilai kurang professionalnya pejabat lapangan yang terbatas namun ia percaya ia akan menghadapi tuntutan atas tindakannya namun Cavani tidak dapat mengajukan banding akan kartu kuning yang ia dapatkan.

“Ketika anda telah menerima kartu kuning maka artinya anda telah berada diperingatan terakhir, anda juga telah bersiap untuk keluar sisa 90menit sebelum bermain dan hukum normal permainan.” kata Hackett kepada Kerja Bola.

Perbedaan pendapat sering terjadi dilapangan masalah pemberian kartu kuning dari wasit, yang absen provokasi dengan Jara, dan wasit hanya bertindak sesuai apa yang dilihatnya.

Hackett sangat sayangkan karena dirinya tidak meminta konsultasi dengan rekan setimnya, mungkin saja mereka bisa membantunya dalam insiden seperti Jara, Hackett yakin semua pejabat lapangan pasti akan lebih memperhatikan.

Jara jelas memiliki niat untuk jahil kepada Cavani untuk membuat dirinya dikeluarkan dari lapangan, dan Cavani temakan umpan lalu sudah seharusnya ia turuti keputusan wasit memberikan dirinya kartu kuning kedua, hal tersebut benar dalam hukum.”

“Saya berharap bahwa pemerintah sekarang membawa tuduhan terhadap Jara atas perbuatannya. Kejadian ini menempel jari di gelandangan Cavani jelas terjawab oleh pejabat yang memungkinkan biaya yang akan diajukan terhadap Jara.

“Tapi Cavani tidak dapat mengajukan banding atas kartu kuning yang sejalan dengan protokol FIFA.”