Liga Champions musim depan akan menjadi sangat spesial dan menaikkan semangat perjuangan semua klub-klub bergensi Eropa. Mengapa? Karena UEFA membuat keputusan resmi baru untuk menaikkan total hadiah utama bagi jawara Eropa nanti sebesar hampir dua kali lipat. Wow!

Jika nominal €37,4 juta menjadi hadiah bagi sang juara liga Champions musim ini, berati sang juara Eropa pada musim mendatangkan akan diganjar hadiah utama senilai €54,5 juta. Nilai tersebut masih belum termasuk hadiah Market Pool dari masing-masing liga asal klub.

Untuk peningkatan fase grup, peraturan menyenangkan ini menjadikan pembengkakan cukup fantastis €8,6 menjadi €12 juta, untuk babak final juga tidak kalah menarik, angka €10,5 juta kini menjadi €15 juta.

Liga Champions bagi para finalis berbahagia yang akan berhadapan minggu nanti, mereka mendapatkan hadiah bergengsi juga, bagi Juventus nilainya adalah €62 juta, sementara untuk Barcelona nilainya sedikit tipis yaitu €57,9 juta. Terjadi perbedaan menurut Market Pool masing- masing liga

Sebenaranya apakah Market Pool itu? Market pool budget dana yang telah disediakan oleh pihak UEFA untuk semua klub berpartisipasi Liga Champions.

Faktor perbedaan pembagian jatah adalah sebagai berikut, nominal kontrak penyiaran via televisi liga domestik tim dikaitkan dengan penjualan hak siar televisi maupun hak royalti komersil berbau Liga Champions, peringkat klub pada klasemen liga mereka dimusim sebelumnya, seberapa jauh langkah mereka berjuang hingga posisi mereka kini, sampai dengan nilai Nielsen perolehan stasiun televisi. Maka itu, wajar saja liga besar Eropa mendapat angka besar bila dibandingkan dengan mereka yang berasal dari liga minor.

Penjabaran tadi juga menjawab mengapa Juventus sang raksasa Italia bakal selalu merajai predikat penghasil uang terbesar di Liga Champions 2014/15 sekalipun ia tidak menjadi juara, Juventus akan mengantongi €58 juta. Faktor pertama penjelasan tadi adalah alasannya, Juventus sudah pasti mengambil jatah uang para wakil Serie A Italia lainnya,seperi tim Napoli dan AS Roma, tim-tim tereliminasi babak play-off maupun babak grup.

Barcelona tidak seberuntung Juventus. Rival seliga mereka, Atletico Madrid dan Real Madrid, sempat melangkah hingga babak perempat-final dan semi-final. Satu grup saja yang berhenti di fase grup, dan ia adalah Atheltic Bilbao, tapi jatah pembagian hadiah Atletico Bilbao juga harus dibagi ke tiga klub yang berhasil masuk ke babak gugur. Oleh karena itu Barcelona hanya akan dapat merebut hadiah besar di final nanti.

Liga Champions memberi hadiah nilai fantastis dan mengagetkan adalah apabila wakil Liga Premier Inggris mengalami nasib baik seperti Juventus, klub tersebut akan memperoleh €100 juta.