Xabi Alonso atau yang biasa di sapa dengan nama Xabi tersebut lahir pada tanggal 25 november 1981 di Tolosa, Spanyol yang juga merupakan pesepak bola asal spanyol yang bermain untuk Bayern Munich. Xabi Alonso memulai karirnya di Real Sociedad, tim utama diorovinsi tempat tinggalnya, Gipuzko.

Xabi Alonso di kabarkan tidak akan memperpanjang kontraknya dengan Bayern Munchen dan kontrak tersebut juga akan segera berakhir pada musim panas tahun depan, setelah dirinya memutuskan untuk mencari tantangan baru dan mencari klub lain yang diinginkannya. Sampai saat ini belum ada kepastian yang jelas dari Xabi Alonso mengenai tujuan selanjutnya setelah menyelesaikan kontraknya yang akan berakhir pada musim panas tahun depan.

Kepergian Xabi Alonso dan kerja bola, banyak pihak yang menyakini dengan kepergiannya, Die Roten akan mampu memaksimalkan peran para pemian lainnya secara maksimal untuk menggantikan posisi pemain Xabi Alonso nantinya. Sampai saat ini belum ada kepaastian yang jelas mengenai tujuan selanjutnya setelah habis kontrak.

Xabi Alonso Andalan di Lini Tengah

Xabi Alonso yang sejak memutuskan untuk bergabung  di pep guardiola di allianz arena pada bulan agustus tahun 2014 lalu dan juga mantan pemain Real Madrid ini secara instant sudah menjadi andalan di lini tengah dengan keberhasilannya yang selalu dia tunjukkan pada saat bermain dengan tim Liverpool maupun dengan tim Los Blancos.

Xabi Alonso yang kontraknya akan habis dengan klubnya sekarang terdengar oleh mantan pelatihnya Jose Mourinho. Nama Xabi Alonso menjadi salah satu daftar nama yang akan di datangkan chelsea. Jose Mourinho mengatakan bahwa dirinya sangat mengerti kemampuan mantan anak asuhnya itu meski usianya sudah tidak muda lagi. Mourinho juga berharap kalau Xabi Alonso bisa bergabung lagi dengan tim saya dan bisa memenangkn tim kami nanti.

Xabi Alonso akan di dapatkan secara cuma – cuma karena statusnya akan menjadi Free Agent pada akhir musim nanti bila kontraknya nanti sudah habis dan keinginan Mourinho untuk mendapatkannya harus di tunda terlebih dulu.