Xavi HernandezĀ merupakan mantan pemain barcelona. Xavi Hernandez atau yang biasa dipanggil Xavi ini baru – baru saja melontarkan sebuah pujian untuk seorang pelatih Chelsea, Jose Mourinho. Meskipun dulu sempat berseteruh dengan Mourinho karena melatih Real Madrid. Xavi Hernandez tetap saja mengagumi pelatih yang merupakan kebangsaan potugal.

Xavi Hernandez yang sekarang berumur 35 tahun ini sempat merasakan bagaimana di didik oleh Mourinho pada tahun 1997 – 2000. Xavi Hernandez dan kerja bola juga memuji Mourinho kalau dia adalah pelatih hebat karena bisa sukses meski sudah melepaskan dirinya dari gaya permainan tim Barcelona.

Xavi Hernandez juga mengungkapkan kepada Harian Daily Mail, “Selama tiga tahun, dia selalu melakukan hal-hal positif ketika menjadi pelatih di Barcelona. Dia adalah pelatih yang sangat memahami karakter ataupun filosofi Barca dan Mourinho juga memiliki karakteristik dengan pelatih Barcelona saat itu yang bernama Louis Van Gaal. Setelah meninggalkan tim Barca, Jose Mourinho sempat dipercayai untuk menangani Benfica kemudian pindah ke Uniao de Leiria dan berlanjut ke FC Porto.

Jose Mourinho Mulai Merasakan Sukses

Jose Mourinho sangat dihormati oleh semua pemain. Kadang – kadang dia sendiri juga yang melatih para pemain di Barcelona. Dia seorang yang berbakat. Saya dan teman – teman cukup kaget dengannya sebab dia bisa mencapai sebuah ketenaran dengan gaya melatih sepak bolanya yang berbeda. Strategi pertahanannya sangat berbeda dengan kami dulu, Ungkap Xavi Hernandez.

Jose Mourinho juga merasakan kesuksesannya mulai tahun 2004 lalu. Saat itu Jose Mourinho berhasil membawa Porto juara Liga Champions Eropa. Berkat kesuksesannya tersebut, Mourinho di rekrut oleh tim Chelsea dan hanya bertahan hingga bulan September 2007.

Jose Mourinho yang menjuluki dirinya sendiri “The Special One” itu lalu pindah ke Inter Milan dan Jose Mourinho juga berhasil membawa tim Inter Milan untuk menjuarai Liga Italia, Coppa Italia, serta Liga Champions Eropa. Jose Mourinho kemudian hijrah atau pindah ke Real Madrid dan akhirnya kembali lagi ke tim Chelsea pada musim panas di tahun 2013 lalu.